Informasi yang harus Anda ketahui

Kanker Tiroid & Efek Samping Histerektomi

Belum Pernah Merasa Sesehat Ini  Setelah Tiga Hari Minum Herbal

Pengantar

Histerektomi: Histerektomi adalah operasi pengangkatan rahim, tidak termasuk pengangkatan indung telur dan tuba falopii (1). Stanley West memperingatkan bahwa “operasi dapat memiliki konsekuensi yang berkepanjangan pada masalah fisik, emosi dan seksual” (2).

Efek samping yang utama dari histerektomi adalah bahwa seorang wanita dapat memasuki masa menopause yang disebabkan oleh suatu operasi, walaupun ovariumnya masih tersisa utuh. Sejak suplai darah ke ovarium berkurang setelah operasi, efek samping yang lain dari histerektomi yaitu akan terjadi penurunan fungsi dari ovarium, termasuk produksi progesteron (1).

Efek samping Histerektomi bisa menampakkan diri sebagai: badan selalu merasa kepanasan, kelelahan, insomnia, depresi, masalah kencing, berat badan naik, sakit kepala, lekas marah dan kecemasan, jantung berdebar-debar, kekeringan vagina, sakit pada sendi, sering lupa, osteoporosis, rambut rontok, menurunnya aktivitas seks  dan rasa sakit ketika berhubungan seks, merasakan pusing dan gugup (1,2).

Tiroidektomi: Tiroidektomi adalah operasi pengangkatan semua, atau sebagian, dari kelenjar tiroid. Setelah menjalani operasi tiroidektomi pasien dapat mengalami sakit kepala ringan, sakit pada dada dan tidak enak badan (3). Pasien lain melaporkan detak jantung yang cepat, gugup, pembengkakan kelenjar tiroid, kurangnya stamina, lekas marah, kehilangan berat badan dan kulit kering (5, 6). Pasien mungkin memiliki suara serak bila saraf pengendali suara rusak selama operasi.

Jika kelenjar paratiroid  rusak karena kekeliruan, pasien akan menderita hipotiroidisme (4). Masalah ini dapat mengakibatkan hypocalcemia, yaitu kadar kalsium dalam darah menurun (6).

PRESENTASI KASUS

Tiya (M958) adalah-seorang wanita berusia 42 tahun dari Indonesia. Pada bulan November 2008 ia menjalani histerektomi akibat adanya fibroid. Sejak menjalani operasi tersebut kesehatannya tak pernah sama seperti dulu lagi. Sebelum ia menjalani histerektomi, Tiya merasakan adanya pembengkakan di leher, tapi dia mengabaikannya. Tidak sampai ahir bulan Januari 2011 dia datang ke rumah sakit swasta di Penang dan melakukan USG.  Scan menunjukkan lobus kanan tiroid nya membesar (44 x 37 x 30 x 27 mm) sedangkan lobus kiri normal (30 x 10 x 10 mm).

Selanjutnya, setengah dari tiroid kanannya menjalani operasi pengangkatan. Laporan Histopatologi nya menegaskan suatu Papillary Carcinoma.  Tiya tidak menjalani pengobatan lain nya setelah operasi pengangkatan. Dia kembali ke Indonesia dan mulai mengkonsumsi herbal / suplemen seperti Rebusan Daun Sirsak, Jus Kulit Manggis ( dlm kemasan botol ), Kunyit Putih dan Pil Alba Kurcuma.

Kemudian pada tanggal 19 April 2011, Tiya dan suaminya datang untuk memohon bantuan kami. Dia menjelaskan keluhan sebagai berikut ini:

  1. Sulit dan tidur terganggu.
  2. Kelesuan dan sakit kepala ringan
  3. Merasakan  tidak sehat sepanjang hari dan tidak ingin pergi bepergian kemana pun.
  4. Pusing dan mual.
  5. Ada gas didalam perut.
  6. Napas pendek ketika berbicara dan berjalan.

Pemeriksaan dengan AcuGraph pada tanggal 19 April 2011 menunjukkan kondisi meridian LU tinggi;  split pada grafik  PC , HT, TE, LR, KI dan meridian ST, sementara grafik  SP dan meridian BL rendah (Gambar 1).

Gambar 1. Pembacaan AcuGraph pada tanggal 19 April 2011

Kami meresepkan Tiya dengan : Kapsul A, deTox Tea, Thyroid Tea, Utero-Ovary Tea, Gastric P dan Stomach Function Tea. Karena ia mengalami kesulitan tidur, kami memutuskan untuk memperbaiki PC dan ketidak-seimbangan HT nya dengan memberinya resep An Shen Xin Bu.

Setelah tiga hari mengkonsumsi Herbal, Tiya dan suaminya kembali dan melaporkan mengenai kemajuan nya. Pada pembacaan AcuGraph Tiya menunjukkan perbaikan besar. Hanya meridian PC nya masih pada kondisi split dan TE masih rendah, tetapi sepuluh meridian sisanya sudah pada kondisi normal (Gambar 2).

Gambar 2: Pembacaan AcuGraph pada tanggal 22 April 2011 – setelah tiga hari mengkonsumsi Herbal.

Berikut adalah rekaman video dari pembicaraan kami pada hari itu.

Bagian 1: Masalah yang dialami Tiya

 

Bagian 2: Belum pernah merasakan sesehat ini

 

Inti dari percakapan kami

  1. Dia mengkonsumsi yang diresepkan selama tiga hari dan dia merasa jauh lebih baik.
  2. Kapsul Gastric P ternyata sangat efektif. Dia hanya minum sekali saja dan merasakan lebih baik.
  3. Setelah minum Stomach Function Tea, ia sering buang angin ber-kali2 – baik untuk masalah perut kembung nya.
  4. Selama tiga tahun terakhir sejak histerektomi, dia mengalami insomnia.  Tidurnya tidak nyenyak dan sangat mudah terbangun dan dia merasakan  ”melayang” sepanjang malam. Setelah dua hari minum herbal, tidurnya nyenyak dan terbangun dengan perasaan segar dan ber-energi. Ini merupakan perubahan yang jelas dia rasakan.
  5. Sebelum minum herbal, ia selalu terbangun di pagi hari dengan rasa sakit, merasa tidak sehat dan lesu. Dia tidak ingin pergi  ke mana-mana ( pembawaan nya malas/ lesu ). Sekarang, untuk pertama kalinya ia bisa meluangkan waktu empat jam perjalanan untuk mengunjungi teman-teman nya di Sintok. Tidak ada masalah. Sebelumnya ia merasakan tidak sehat, sakit kepala dan mual setiap hari. Perjalanan mengendarai mobil adalah sesuatu yang tidak bisa dia lakukan dalam waktu yang lama.
  6. Jika dia merasa tidak sehat, ia minum obat untuk mengobati sakit nya tetapi ini tidak membantunya. Dia juga minum obat untuk perutnya “yang mengandung gas”  dan ini juga tidak efektif.
  7. Dia tidak bisa duduk dan berbicara dengan orang dalam jangka waktu yang lama . Dia merasa sakit punggung. Dia dapat menjadi terengah-engah dengan mudah. Bahkan berbicara di telepon dengan teman-teman nya dan saudaranya, dia merasa sulit karena sesak napas dan tak bertenaga. Setelah minum herbal, masalah pernapasan nya membaik secara signifikan.

Diskusi

Dalam bukunya, The Hysterektomy Hoax, Dr Stanley West  menulis :

” Tidak ada yang tahu dengan pasti mengapa operasi pengangkatan rahim harus membawa pada … masalah ini, dan karena kita tidak memiliki jawaban medis – dan tidak ada bantuan yang bermanfaat  – untuk diberikan kepada pasien, keluhan mereka sering dianggap sebagai keluhan psikologis. Para mahasiswa kedokteran diajarkan bahwa wanita yang menghubungkan gejala yang dialaminya dengan histerektomi pasti seorang yang mengalami ganguan syaraf , histeris atau terobsesi dengan rahim mereka. Tapi, anda lihat, masalah ini sangat nyata dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan stabilitas mental seorang wanita “(2).

Reaksi kita terhadap masalah diatas adalah: jika kita tidak ingin “melihat” masalah atau mengakui keberadaannya, bagaimana kita berharap dapat menemukan solusi untuk itu?

Para praktisi alternative selalu tetap pada pendiriannya bahwa masalah-masalah tersebut bisa berada di berbagai tingkatan, tidak hanya terbatas pada apa yang dapat dilihat melalui scan atau di bawah mikroskop.

Tiya datang kepada kami bukan untuk membahas masalah ginekologi nya. Dia datang karena kanker tiroid-nya. Tapi dari hasil pembicaraan dan ketika kami “menggali” ke dalam riwayat medisnya, kami menemukan bahwa penyebab yang mendasari semua masalah nya selama tiga tahun terahir ini mungkin dari histerektomi tersebut. Dan dia sekarang menderita akibat efek samping dari operasi tersebut, dimana pengobatan modern, yang menurut Dr Stanley West, tidak akan mengakui sebagai penyebabnya. Memang sangat menyedihkan dan tragis.

Bagi mereka yang memerlukan untuk “melihat” sebelum mereka bisa percaya, AcuGraph menawarkan sebuah wawasan untuk mengatasi masalah nya. Ketika Tiya pertama kali datang mengunjungi kami, hasil pembacaan  AcuGraph nya menunjukkan ketidak- harmonisan dari Paru-paru, Perikardium, Jantung, Triple Energi, Hati, Ginjal, Kandung kemih dan meridian Lambung (Gambar 1).

Menurut Pengobatan Tradisional Cina ( TCM ) dari ketidak-harmonisan meridian Paru-paru dapat menyebabkan kesulitan dan sesak napas. Perikardium (PC) mempengaruhi kondisi mental dan emosional seseorang.

Ketidak-harmonisan dari Pericardium ( PC ) dapat mengakibatkan sesak dada, jantung berdebar, cepat marah dan agitasi.

Ketidak-harmonisan dari meridian Jantung dapat menyebabkan jantung berdebar, napas pendek atau dangkal, dada merasa sakit, pusing dan insomnia.

Ketidak-harmonisan dari Triple Energy dapat menimbulkan berbagai gangguan termasuk gangguan pernapasan dan kelelahan.

Masalah-masalah yang terkait dengan ketidak-harmonisan Hati  adalah termasuk gangguan haid, PMS ( sindrom sebelum mens ), vertigo, nyeri pada pangkal paha/selangkangan, sesak dada dan sakit kepala.

Ketidak-harmonisan meridian Ginjal dapat menyebabkan sakit punggung. Ketidak-harmonisan dari meridian Kandung Kemih juga bisa menyebabkan sakit kepala, punggung, selangkangan, dll.  Ketidak-harmonisan Pencernaan dapat menyebabkan perut kembung, sakit perut, dada sakit  dan muntah.

Ketidak-harmonisan dari Limpa dapat mengakibatkan masalah perut seperti sakit perut, perut kembung, muntah, lesu dan merasa malas.

Jadi, permasalahan yang dihadapi oleh Tiya saat ia pertama kali datang kelihatan  tampak jelas. Ketidak-harmonisan meridian nya telah menunjukkan semuanya.

Setelah tiga hari minum herbal, masalah nya “ajaib menguap” pergi. Pembacaan AcuGraph menunjukkan sebagian besar ketidak-harmonisan meridian nya telah diperbaiki. Dan dia merasa lebih baik.

Referensi

  1. http://www.safemenopausesolutions.com/hysterectomysideeffects.html
  1. Stanley West.2002. The Hysterectomy Hoax. Next Decade, New Jersey, USA.
  1. http://ehealthforum.com/health/side-effects-of-thyroidectomy-t189875.html
  2. http://www.simple-remedies.com/health-tips-4/thyroid-removal-surgery.html
  3. http://www.aphroditewomenshealth.com/forums/ubbthreads.php?ubb=showflat&Number=287531
  4. http://www.livestrong.com/article/172051-side-effects-after-the-thyroid-gland-has-been-taken-out/