Informasi yang harus Anda ketahui

Penyembuhan Metastasis Kanker Hati

 

Kelantan terletak di pantai timur Semenanjung Utara Malaysia. Tempat ini dikenal sebagai negara bagian yang miskin dan terbelakang. Tapi disinilah tempat di mana saya lahir dan dibesarkan. Walaupun orang-orang di sana berbicara dengan bahasa Melayu, dialek orang-orang dari Kelantan  sering tidak dimengerti oleh orang-orang dari negara bagian lain di Malaysia. Dan orang-orang Kelantan bangga dengan dialek bahasa mereka. Bahasa dengan dialek ini seperti benang yang mengikat keakraban dari orang-orang Kelantan – terlepas dari apakah anda orang Melayu atau orang Tionghoa.

Dalam video ini, Anda akan mendengar bagaimana kita berbicara.

Pada tanggal 27 Agustus 2010, Mat (bukan nama sebenarnya, H382), seorang pria berumur 62 tahun dari Kota Bharu, Kelantan, datang menemui saya. Dia dan anaknya datang ke klinik kami tanpa membawa laporan medis. Saya mengatakan kepada mereka bukan begini cara kerja kita.

Saya bukan seorang dukun desa yang memberikan ramuan herbal tanpa mengetahui apa yang sebenarnya telah terjadi dengan pasien. Saya perlu membaca laporan medis, hasil tes darah dan melihat hasil  pemeriksaan dengan sinar-X atau CT scan:. Jadi, saya mengatakan kepadanya : saya tidak dapat melihat apa-apa dari anda, saya buta sama sekali tentang diri anda.

Tetapi tidaklah mungkin bagi saya untuk mengirimnya kembali pulang dengan tangan kosong. Dia telah melakukan perjalanan selama satu harian penuh dengan bis untuk datang ke sini. Jadi, saya harus melakukan apa yang saya bisa untuk membantunya – buta ( tanpa data ) ataupun tidak.

Mat mengatakan dia mempunyai sebuah benjolan kanker di leher kanannya sejak beberapa-tahun yang lalu. Kemudian pada benjolan tersebut dilakukan operasi pengangkatan. Dan setelah itu kondisinya sehat. Tapi dalam tujuh tahun terakhir ini , dia  mempunyai masalah pada hatinya. (?) Saya tidak tahu apa sebabnya. Namun demikian sebelum datang ke Ca Care , dia telah berkonsultasi dengan seorang spesialis pada sebuah rumah sakit swasta di Kota Bharu.  Dia diberitahu bahwa ada sesuatu di hatinya.

Menurut anaknya, ia melihat pada hasil pemeriksaan CT scan ada sebuah ” bulatan besar” dalam hatinya. Mat menunjukkan kepada saya bahwa perutnya mengeras. Dokter ingin memberinya kemoterapi. Tetapi dia menolak. Anaknya mempelajari tentang CA Care dari internet dan memutuskan untuk membawa ayahnya ke Penang dan mencari cara lain untuk mengobati hati ayahnya.

Dia juga mengatakan kepada dokter bahwa dia ingin menemui kami. Dokter menyetujuinya dan mengatakan tidak ada lagi yang bisa dia tawarkan kecuali kemoterapi. Oleh karena Mat tidak mau menjalani kemo, maka sebagai gantinya – pergilah dia  ke Penang.

Pada kunjungan pertamanya, Mat diketahui mempunyai kesehatan yang buruk. Dia tidak bisa tidur,  tidak ada nafsu makan, kesulitan buang air besar, nafasnya  terengah-engah setelah berjalan walaupun dalam jarak pendek, dan perutnya mengeras. Dia tidak bertenaga dan selalu lelah – ingin tidur terus sepanjang hari.  Berdasarkan kondisi seperti ini, saya menduga mungkin dia memiliki kanker hati  ( hepatoma ? ) Mat kemudian diresepkan dengan  Kapsul A + Kapsul B, dan beberapa ramuan teh herbal diantaranya : LL-tea , Liver 1 dan Liver 2 .

Sejujurnya, saya tidak mengira akan bertemu dia lagi ! Itulah yang biasa terjadi dengan orang-orang. Mereka datang dengan masalah mereka. Menyampaikan keluhan mereka kepada kami. Mengambil herbal untuk sekitar satu atau dua minggu dan tidak pernah kembali lagi.

Mereka pikir kami adalah pesulap yang dapat menampilkan suatu kesembuhan yang seketika !

Saya telah membuat sebuah penelitian. Hanya 30%  saja dari mereka yang datang , adalah mereka-mereka yang cukup serius  ingin menemukan penyembuhan untuk diri mereka sendiri. Yang 70% sisanya hanya berbelanja untuk suatu penyembuhkan yang seketika.

Suatu kejutan bagi kami , Mat datang kembali untuk menemui kami lagi pada tanggal 5 November 2010 –  sekitar tiga bulan kemudian. Dia tampak senang dan puas. Dan yang lebih penting, ia telah mendapatkan kembali kesehatannya.

Lihatlah video ini.

Mat mengatakan bahwa dia telah mendapatkan kembali tenaganya – tidak lelah seperti sebelumnya. Dia bisa  pergi memancing bersama anaknya dengan mengendarai sepeda motor, sesuatu yang ia tidak bisa lakukan sebelumnya. Nafsu makan nya besar – dia tidak dapat berhenti makan. Dan dia makannya banyak. Tiga kali sehari dan ingin lebih tetapi anaknya menyetop dia dari makan yang terlalu banyak. Dia dapat  tidur dengan baik.  Aliran air kencing nya bagus – alirannya kuat  tidak seperti sebelumnya. Buang air besarnya juga lancar. Bagian perut yang mengeras telah menjadi  lebih lembut.

Ini adalah suatu kisah penyembuhan yang luar biasa, diluar dugaan kami. Percakapan saya dengan Mat pada malam itu berlangsung dengan suara yang keras dan tegas. Tetapi saya menyampaikannya dengan  logat daerah Kelantan yang halus. Jadi kita semuanya dapat  menerimanya dengan semangat yang baik. Mat menerima apa yang saya sampaikan dengan jelas dan dia menghargainya tanpa tersinggung.

Mat berkata: ” Saya minta maaf. Ini adalah kesalahan saya.  Saya merasa puas. Dan saya merasa sangat sehat sehingga saya lupa untuk datang dan menemui anda lagi setelah saya selesai minum ramuannya. Bos, ini adalah kesalahan saya. Saya tahu Bos akan marah kepada saya. Namun, saya memutuskan untuk kembali lagi untuk mengambil herbal. “

“Aku tahu mengapa Bos marah kepada saya. Hal ini disebabkan karena Bos ingin pasiennya sembuh. Dia ingin menyelamatkan nyawa mereka. Jadi wajarlah jika dia marah bila kita tidak mengikuti apa yang dikatakannya. “

Reaksi saya terhadap Mat pada malam itu memang keras.

“Hal ini adalah normal. Ketika mereka sedang sekarat, para pasien akan mengikuti apa yang saya katakan. Tetapi ketika kondisi mereka sudah menjadi baik, mereka akan segera melupakan nasihat saya. “

” Coba lihat apa ini – anda mengambil herbal untuk  sebulan tetapi anda mengulur waktu  sampai tiga bulan sebelum anda kembali lagi. Apa yang anda coba lakukan ?  Tahukah anda, kasus seperti anda tersebut serius. Anda bisa mati dalam setiap saat. Menurut aturannya jika anda mendapatkan manfaat , anda harus terus minum ramuan tersebut tanpa berhenti. “

“Ya tapi bagaimanapun, ini adalah hidup anda sendiri. Anda bertanggung jawab untuk itu. Terserah kepada anda sendiri,apakah anda ingin mati atau anda ingin hidup. Ini adalah pilihan anda dan tanggung jawab anda. “

“Penyembuhan anda betul-betul tak terduga. Saya tidak mengharapkan anda untuk sembuh begitu cepat. Tapi anda mengalaminya. Anggaplah  ini sebagai berkat dari Tuhan. Ini adalah suatu hadiah yang nyata dari Tuhan. Hargailah ini atau anda membuangnya dengan sia-sia. Ini akan menjadi sampah jika anda membuangnya. Ketahuilah bahwa ini memang suatu berkat. ” “

“Ingat, untuk tetap menjadi sehat atau sakit adalah pilihan anda sendiri dan tanggung jawab anda. Saya sudah menunjukkan jalannya. Anda sudah mengalami proses penyembuhan. Sekarang, terserah kepada anda sendiri untuk mengambil jalan tersebut dan melangkah lebih jauh. Tidak ada seorangpun yang bisa mewakili anda untuk menjalani jalan tersebut.”

Untuk pasien yang membaca studi kasus ini, saya akan mengatakan hal yang sama kepada anda.

Hanya  untuk mengingatkan saja, harap membawa semua catatan medis anda ketika anda datang !

Izinkan saya untuk  menyimpulkan dengan mengatakan ini: ” Seperti yang sudah dikatakan, saya menyukai Mat – orang ini dari Kelantan. Saya merasa senang bahwa saya dapat  menolongnya ! “

5 December 2010 : Mat datang kembali untuk menemui kami lagi – persis sebulan setelah kunjungannya yang kedua. Pesan saya sebelumnya (” omelan “) telah dipahaminya. Bagus sekali !  Yang paling menggembirakan adalah , ia membawa serta laporan medis-nya.

Riwayat  Medis : Lehernya bengkak sejak tahun 2000, tapi dia tidak merasa kesakitan.

CT scan di bagian kepala dan leher pada tanggal 28 Agustus 2003 menunjukkan pembesaran dari      ” kelenjar submandibular sebelah kanan.( berada dibawah rahang )  Ukurannya adalah

2,3 x 2,7 x 4,2 cm. Juga ada masalah dengan apa yang dinamakan Maxillary Sinus Mucocele ( disebelah kanan ) yang termasuk relatif  langka diantara semua Sinus Mucocele yang berada disekitar hidung dan secara bersamaan juga menderita sinusitis kronis.”

Operasi dilakukan untuk menghilangkan benjolan tersebut. Dan dari laporan Histopatologi menyatakan adanya ” adenoid cystic carcinoma. Tumornya sudah meluas ke bagian luar dari kapsul kelenjar ludah”

Penjelasan :

Adenoid Cystic Carcinoma adalah sejenis kanker yang langka dan dapat tumbuh di banyak bagian-bagian dari tubuh . Yang paling sering terjadi adalah didaerah sekitar kepala dan leher , terutama di daerah kelenjar ludah . Tetapi dilaporkan juga di payudara , kelenjar air mata , paru-paru , otak , dikedua kelenjar yang terdapat di bibir vagina , tengorokan dan  pada sinus disekitar hidung.

Ultrasonografi di bagian hati pada tanggal 4 Desember 2010 (sehari sebelum kunjungannya saat ini) menunjukkan ” hatinya membesar ( 21 x 11 cm) dan bentuknya tidak teratur. Sel-sel pada organ hatinya tidak mempunyai bentuk yang seragam dan banyak nodul-nodul  masa kanker dengan bermacam-macam ukuran dan bentuk dengan batasan yang tak teratur.”

Sebuah nodul  besar berukuran10 x 8 cm di bagian bawah  lobus kanan yang memotong batas dari segmen-segmen didalam hati , menunjukkan pusat dari  jaringan sel yang sudah mati. Terlihat juga adanya cairan didalam rongga perut.

Kesimpulan: Kanker hati dengan masa yang tersebar banyak didalamnya. ( Multiple metastatic lesions of the Liver )

Pertanyaan pertama saya kepada  Mat adalah: ” Bagaimana keadaan anda ? ” Tanpa ragu ia menjawab bahwa ia  baik dan  sehat. Selama kunjungan ini ia didampingi putra dan putrinya.

Ada Lima poin yang kami soroti :

  • Putranya menunjukkan bahwa sebelum minum ramuan, perut Mat membesar. Sekarang, pembengkakan sudah menyusut secara signifikan meskipun perut masih keras.
  • Mat merasa lebih kuat. Dia mengatakan bagi orang yang seusia dia – 62 tahun , dia merasa kuat.
  • Mat mampu untuk pergi memancing, tidak seperti sebelumnya.
  • Telapak tangannya yang  pucat sekarang berwarna merah muda. Wajahnya tampak segar kemerahan. Dia terlihat segar dan merasa sehat.
  • Satu masalah yang dihadapi Mat sekarang adalah nafsu makannya yang luar biasa. Mat berkata: “Saya merasa selalu ingin makan terus.” Putrinya berkata: “Setiap kali dia bangun tidur dia selalu minta makan.” Saya berkata kepada Mat: “Sebagian besar pasien kanker nafsu makannya buruk. Dalam kasus anda, anda selalu ingin makan. Saya tidak punya herbal untuk menghentikan nafsu  makan anda ! “

Mat berjanji untuk datang kembali lagi. Sementara itu ia akan patuh dengan diet yang baik dan minum herbal dengan teratur.

Komentar: Menurut buku onkologi; Prinsiples of Internal Medicine 15th Ed.,pg.589  dari Harrison. ” Jika tidak diobati, sebagian besar pasien meninggal dalam waktu 3 sampai 6 bulan setelah diagnosis.”

Martin Abeloff, et al in Clinical Oncology, Vol : 2, pg 1697 mengatakan: ” Kelangsungan hidup rata-rata pasien di Hong Kong dengan HCC  ( hepatocellular carcinoma) yang tidak dapat dioperasi dimana diameter tumor lebih besar dari 6 cm dan tanpa pemberian pengobatan – adalah 3,5 minggu.

Waktu penggandaan tumor berkisar antara 1 ~ 19.5 bulan dengan rata-rata 6,5 bulan.